RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : ...........................................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX (Sembilan) / Ganjil
Standar Kompetensi : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengiden tifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
Indikator : 1. Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
2. Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun dan kongruen
3. Mencari panjang sisi dan besar sudut dua bangun datar yang sebangun dan kongruen.
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 pertemuan ).
A. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat mendiskusikan dua bangun yang sebangun dan konruen melalui model bangun datar. (nilai yang ditanamkan :Rasa ingin tahu, Kerja sama);
b. Peserta didik dapat mengidentifikasi dua bangun datar yang sebangun dan kongruen . (nilai yang ditanamkan : Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif);
c. Peserta didik dapat mencari panjang sisi dan besar sudut dua ban datar yang sebangun dan kongruen. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif);
Ø Karakter siswa yang diharapkan :
Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja sama.
Ø Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Keorisinilan.
B. Materi Ajar
a. Syarat dua bangun yang sebangun dan kongruen.
b. Menghitung panjang salah satu sisi yang belum diketahui dan besar sudut dua bangun datar.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok.
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Mengidentifikasi bangun datar yang sebangun dan kongruen. | · Mendiskusikan bangun-bangun datar melalui model bangun datar. | · Siswa mendiskusikan dan mengidentifikasi bangun datar yang sebangun dan kongruen. |
D. Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali beberapa jenis bangun datar.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik akan terbantu dalam mengidentifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen melalui syarat-syaratnya.
Kegiatan Inti

Dalam kegiatan eksplorasi :
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai dua bangun datar yang sebagun dan kongruen kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMP (BSE) Kelas IX Semester Ganjil, karangan Masduki, dkk, hal. 2-5 mengenai dua bangun yang kongruen dengan menyebutkan syaratnya, hal. 5-6 mengenai dua bangun datar yang sebangun. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Kreatif, Kerja sama kelompok);
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan sifat-sifat bangun datar yang sebangun dan kongruen, mengidentifikasi bangun-bangun yang sebangun dan kongruen. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

Dalam kegiatan Elaborasi :
a. Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 4-5 mengenai dua bangun yang kongruen, hal. 7 mengenai bangun datar yang sebangun. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai dua bangun yang sebangun dan kongruen, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket hal. 3, 4, 8 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik dan guru secara bersama - sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket pada hal. 3, 4, 8 (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket hal. 5, 8 sebagai tugas individu. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa :
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi kesebangunan,mengenai sifat-sifat bangun yang sebangun dan kongruen. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerj keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi kesebangunan mengenai bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen dari “Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
Pertemuam Kedua
Pendahuluan
Apersepsi : - Mengingat kembali mengenai jenis-jenis bangun datar dan sifat-sifatnya.
- Membahas PR
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik dapat menghitung panjang salah satu sisi yang belum diketahui dari dua bangun yang sebangun.
Kegiatan Inti

Dalam kegiatan eksplorasi
a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dap untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara mencari panjang salah satu sisi yang belum diketahui dan menentukan besarnya sudut dua bangun datar kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut. (Bahan : buku paket, yaitu buku Matematika SMP (BSE) Kelas IX Semester Ganjil, karangan Masduki, dkk, hal. 9-12 panjang sisi dan besar sudut dua bangun yang sebangun dan kongruen. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

Dalam kegiatan Elaborasi
a. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara mencari panjang sisi dan besar sudut yang sebangun dan kongruen. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada hal. 10, 12 mengenai panjang sisi bangun datar dan besar sudut dua bangun datar yang sebangun dan kongruen. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai panjang sisi dan besar sudut dua bangun datar yang sebangun dan kongruen dalam buku lain (LKS). (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
d. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari buku LKS (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

Dalam kegiatan konfirmasi, siswa :
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);

a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi kesebangunan mengenai panjang sisi dan besar sudut dua bangun datar yang sebangun dan kongruen. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerj keras);
b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi kesebangunan mengenai panjang sisi dan besar sudut dua bangun datar yang sebangun dan kongruen dari “Aktivitas Kelas“ yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain. (nilai yang ditanamkan: Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras);
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika (BSE) SMP kelas IX semester ganjil, karangan Masduki, dkk.
- Buku referensi lain.
Alat : Laptop, LCD, OHP
F. Penilaian
Teknik : ulangan harian.
Bentuk instrumen : pilihan ganda.
Jumlah Soal : 5
Penskoran : skor jumlah benar = 2
skor jumlah salah = 0
Max skor : 2×5 = 10
0×5 = 0
Penilaian : skor max × 10
Instrumen :
1. Perhatikan gambar dibawah ini !
Pada gambar dibawah ini merupakan jajar genjang yang ?


A B A B
a. Sebangun c. Sebangun dan kongruen
b. Kongruen d. tidak kongruen
2. Syarat dari bangun yang kongruen dan adalah ?
a. Mempunyai bentuk dan ukuran yang sama
b. Mempunyai bentuk sama, ukuran berbeda.
c. Ukuran dan bentuk tidak sama.
d. Memiliki sudut sama, panjang sisi tidak sama.
3. Perhatikan gambar dibawah ini !
Manakan yang termasuk bangun yang sebangun?





![]() |
(iii)
(ii)
a. (i) dan (ii) c. (i) dan (iii)
b. (ii) dan (iii) d. (i), (ii), dan (iii)
4. Perhatikan gambar dibawah ini!







a 9cm d 2 cm
8cm
c
Dua bangun trapesium diatas kongruen. Nilai a+b+c+d adalah ?
a. 24 cm c. 56
b. 34 cm d. 58
5. Ukuran persegi panjang yang sebangun dengan persegi panjang berukuran
9 cm × 4 cm adalah . . . .
a. 14 cm × 7 cm c. 27 cm × 12 cm
b. 9 cm × 3 cm d. 21 cm × 14 cm
Kunci Jawaban :
1. B
2. A
3. C
4. B
5. C
..........,............................................
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
Kepala Sekolah
_______________________ _______________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar